Sabtu, 06 Oktober 2012

Keutamaan Kota Makkah

Keutamaan Kota Makkah

Keutamaan kota mekah sangat banyak sekali yang tersebut dalam al-hadist , baik dalam kitab Shohih maupun kitab sunan. Bahagia, bangga dan senang tentunya bagi mereka yang bisa mendapatkan Keutamaan Kota Makkah. Bukan bahagia bangga dan senang menadapatkan Keutamaan Kota Makkah karena plesiran atau rekreasi tetapi di sana melaksanakan ibadah, memperbanyak amal – amal sholih selamanya di sana dan mendapat hasil maksimal dari Keutamaan Kota Makkah.mekah
mekah

Keutamaan Kota Makkah dari Sisi Ibadah

Keutamaan Kota Makkah seperti yang di sampaikan oleh Rasulullah dalam Shohih Bukhori tentang Sholat yang artinya : “Sholat di masjidku ini lebih utama daripada seribu sholat yang dilakukan diselain masjidku dari beberapa masjid kecuali Masjidil Harom itu lebih utama seratus ribu yang dilakukan di masjid lainya”
Ada yang berpendapat ketika setelah mereka pulang haji tidak mengerjakan Ibadah Shalat dan lain-lainya karena mereka beranggapan kalau sholat mereka di Makkah udah cukup untuk bekal menggahadap Allah. Ini adalah pendapat yang sangat di tolak dengan berbagai macam dalil, karena alas аn atau pendapat mereka tidak sesuai dalam nash. Hanya karena mereka saking bangganya dengan Keutamaan Kota Makkah.

Keutamaan Kota Makkah tentang KA’BAH

Keutamaan Kota Makkah mengenai Ka’bah , baitullah di makkah adalah kiblatnya seluruh penduduk bumi. Seperti di sebut dalam Al-qur’аn Surat Ali Imron ayat 96 :
“Sesungguhnya pertama kali rumah ibadah yang diletakan untuk manusia adalah yang ada di makkah yang di berkati dan sebagai petunjuk ( kiblat ) bagi seluruh manusia”
Dalam Surat Al-Baqarah ayat 144 juga menjelaskan tentang Keutamaan Kota Makkah tentang Ka’bah.
“ Sesungguhnya kami telah melihat berkali-kali wajahmu memandang ke langit maka kami sungguh-sungguh menghadapkanmu kepada kiblat yang kamu sukai. Maka hadapkanlah wajahmu kea rah Masjidil haram dan di mana saja kalian berada maka hadapkanlah wajah kalian ke arahnya” itulah arti ayat yang menjelaskan tentang Ka’bah yang termasuk bagian dari Keutamaan Kota Makkah.
Keutamaan Kota Makkah dan Ta’adubnya
Keutamaan Kota Makkah , karena saking utamanya maka tata krama pada Ka’bah pun di atur termasuk tidak boleh membunuh musuh yang telah berpegangan slambu ka’bah, cerita tersebut bisa bisa di kaji dengan para ustadz tentang kejadian fathu Makkah. Juga Haram bila kita buang air besar maupun air kecil dengan menghadap ka’bah. Insya Allah pada kesempatan lain akan kita sampaikan lagi tentang keutamaan – Keutamaan Kota Makkah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar