Sabtu, 06 Oktober 2012

SELF ESTEEM sebelum Pecaya Diri

SELF ESTEEM

Self Esteem , Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa sebelum menuju rasa percaya diri , perlu kita ketahui tentang perlunya harga diri atau self esteem , karena pada hakikatnya sumber dari tumbuhnya rasa percaya diri adalah berawal dari tebangunya sikap self esteem atau harga diri . Bahkan cirri – ciri bahwa seseorang mempunyai memepunyai harga diri ( self esteem ) yang kuat itu salah satunya dia mempunyai self confidence.

BAGAIMANA CARA MEMBANGUN DAN MENGEMBANGKAN SELF ESTEEM ?

membangun Self Esteem :
  1. Goal Setting
Merencanakan tujuan , yaitu menentukan tujuan hidup.
  1. Risk Taking
Mengambil resiko yaitu berani untuk mengambil resiko , karena seseorang tidak akan pernah mengetahui kemampuan diri sendiri jika tidak mau mengambil  resiko.
  1. Opening Up
Membuka diri yaitu kalau seseorang mau membuka diri dan berbagi rasa ( sharing ) dengan orang lain , maka akan mudah baginya untuk mengenali dirinya sendiri.
  1. Wise-Choise mаkіng
Membuat keputusan yang bijaksana yaitu kalau seseorang bisa membuat keputusan yang benar maka akan meningkatkan self confidence dan self esteem.
  1. Time Sharing
Berjalan sesuai dengan  waktu , yaitu jangan terlalu memberikan tekanan / paksaan pada diri sendiri untuk mendapatkan perubahan , karena tidak mungkin perubahan didapat secara instan / langsung dan tekanan tersebut justru akan membuat diri kita sendiri mundur ke belakang. Biarlah perubahan itu terjadi sesuai kapasitas diri dan berjalanya waktu.
  1. Healing
Penyembuhan , yaitu penyembuhan dalam arti fisik dan mental dan hal itu bisa dilakukan dengan cara membbuat komitmen dan thankful / rasa syukur dan yakin terhadap qodar Alloh.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar